Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Tri Nathalia Palupi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stress pada siswa-siswi sekolah
dasar besar dan kecil dalam menjalankan proses belajar di rumah selama pandemic Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan mengambil sampel sebanyak 90 siswa
dengan rincian sebesar 42 siswa dari Kelas Kecil (Kelas 1-3 SD) dan 48 siswa dari Kelas
Besar (Kelas 4-5 SD). Metode pengumpulan data dengan menggunakan satu skala psikologi
yaitu Skala Reaksi Anak. Skala Reaksi Anak berjumlah 15 item valid (α = 0,791). Analisis
data menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
perbedaan tingkat stress siswa kelas besar dan kecil yang ditunjukkan oleh nilai t hitung =
2,55 dengan p = 0,013 (p < 0,05). Rata-rata tingkat stress siswa sekolah dasar kelas besar
adalah 31,79 dibandingkan rata-rata tingkat stress siswa sekolah dasar kelas kecil adalah
29,67 dengan perbedaan rata-rata sebesar 2,11. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa ratarata tingkat stress siswa sekolah dasar kelas besar lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat
stress siswa sekolah dasar kelas kecil.


Kata kunci: Tingkat Stres, Siswa Sekolah Dasar, Belajar di Rumah


Full Text:

PDF

References


Dixit, M. & Signt, N., (2015). Academic Stress of School Student in Relation to Their Self

Esteem. Global Journal For Research Analysis. 4, 1-2

Diananda, A., (2018) Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, Vol. 1, No 1,

Januari 2018P-ISSN 1979-2824

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta; Erlangga

Ibung, D., (2008) Stress Pada Anak (6-12 tahun). Jakarta: Elek Media Komputindo

Palupi, T, N., (2007) Pengaruh Melodi Tubuh terhadap Penurunan Gejala Stress Pada Siswa

Program Akselerasi Tingkat Sekolah Dasar. (tesis). Fakultas Psikologi Universitas

Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/36176

Sarafino, E.P & Smith (2012). Health Psychology (7th Edition). Singapore: John Wiles &

Sons

Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:

DEPDIKBUD

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia (diunduh tanggal 28 Juli

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200424114337-20-496861/kemendikbud-buatskenario-belajar-di-rumah-sampai-akhir-2020 (diunduh tanggal 28 Juli 2020)

https://www.liputan6.com/health/read/4224969/belajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-inipendapat-dan-harapan-anak-indonesia (diunduh tanggal 28 Juli 2020)

https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/03/26/suka-duka-belajar-di-rumah/ (diunduh tanggal

Juli 2020)

https://indopolitika.com/banyak-anak-stres-saat-pembelajaran-jarak-jauh-kpai-beri-saranbegini/ (diunduh tanggal 28 Juli 2020)

https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-covid-19-eGqQ

https://www.kajianpustaka.com/2018/01/penyebab-gejala-dan-terapi-stres-akademik.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.