Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah

Ika Wahyu Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal guru dalam
pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah selama pandemic Covid
19 melanda di Indonesia saat ini. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru Sekolah Dasar di
Klaten, Jawa Tengah, sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui purposive sampling. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil wawancara awal
menunjukkan bahwa pada selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada siswa kelas satu sampai tiga
Sekolah Dasar (kelas rendah), guru cukup mengalami kesulitan dikarenakan siswa pada usia tersebut
belum mahir menggunakan teknologi sehingga perlu dibantu oleh orang tua nya atau orang
terdekatnya saat guru melaksanakan kelas virtual. Berbeda dengan siswa di kelas tinggi, di mana
siswa pada kelas tersebut sering mengalami kejenuhan ketika mengalami Pembelajaran Jarak Jauh
(PJJ), sehingga membutuhkan kreativitas guru dalam membangkitkan semangat belajar mereka.
Berdasarkan hal tersebut maka strategi yang dilakukan oleh kedua responden (guru) dalam mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui strategi komunikasi interpersonal, yang meliputi: 1) komunikasi
sebagai aksi atau komunikasi satu arah dengan memerintahkan siswa untuk tenang selama proses
pembelajaran dan mengaktifkan tombol mute selama pembelajaran kelas virtual; 2) komunikasi
sebagai interaksi atau komunikasi dua arah dengan melakukan video call dan chat pribadi dengan
siswa; dan 3) komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi, dengan membuat group
antara guru dan siswa di media sosial whatsapp, mengadakan kelas sharing, membuat group antara
guru dengan siswa dan orang tua siswa. .


Kata Kunci: Strategi Komunikasi Interpersonal, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Jarak Jauh


Full Text:

PDF

References


Asgarwijaya, D. (2015). Strategi komunikasi interpersonal antara guru dan murid PAUD: Studi

deskriptif komunikasi interpersonal antara guru dan murid PAUD Tunas Bahari dalam

kegiatan belajar mengajar. E-Proceeding of Management, 2(1), 1008-1027.

Assandhimitra, Z., Winataputra, W., & Udin, S.(Ed.). (2004). Pendidikan jarak jauh, Jakarta: Pusat

Penerbitan Universitas Terbuka.

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2006). Panduan penuyusunan kurikulum tingkat satuan

pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Creswell, J.W.(2003). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches

(2nd Ed). Thousand Oaks, CA: Sage Publication.

Dewi, N.R., & Sudhana, H. (2013).Hubungan antara komunikasi interpersonal pasutri dengan

keharmonisan dalam pernikahan.Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 22-31.

Effendy, O.U. (2011). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Komisi Perlindungan Siswa Indonesia. (2020, April 27). Survei KPAI: 76,7% siswa tidak senang

belajar dari rumah. Kumparan.com. Diunduh dari

https://kumparan.com/kumparanmom/survei-kpai-76-7-siswa-tidak-senang-belajar-darirumah-1tJ084bBo3k

Pemerintah Indonesia.(2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang

sistem pendidikan nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Pontoh, W.P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan

siswa.Jurnal Acta Diurna, 2(1), 1-11.

Purnamaningsih, E.H. (2013). Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal pada

mahasiswa.Jurnal Psikologi, 30(2), 67-71.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., & Putri, R.S.

(2020). Studi eksploratif dampak pandemic covid 19 terhadap proses pembelajaran online di

sekolah dasar. Jurnal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), 1-12.

Simorangkir, M.R.R. (2019). Peran kemampuan komunikasi interpersonal pendidik dalam

menumbuhkan self efficacy.Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 179-186.

Warsita, B. (2014). Pola kegiatan pembelajaran jarak jauh.Jurnal Teknodik, 18(1), 73-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.