COPING STRESS ANTARA IBU RUMAH TANGGA DENGAN IBU BEKERJA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Suneeta Joys Sihombing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan coping stress ibu rumah tangga denganibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitiandengan mengambil sampel sebanyak 63 orang tua dengan rincian sebesar 35 ibu rumah tanggadan 35 ibu bekerja. Metode pengumpulan data dengan menggunakan satu skala psikologi yaituskala coping stress. Skala coping stress berjumlah 34 item valid (α = 0,910). Analisis datamenggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaancoping stress ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dengan memperoleh nilai t hitung = 14,30dengan p = 0,000 (p < 0,05). Rata-rata coping stress ibu rumah tangga adalah 105,58dibandingkan rata-rata coping stress ibu yang bekerja adalah 106,71 dengan perbedaan ratarata sebesar 1,03. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa rata-rata coping stress ibu yangbekerja lebih tinggi dibandingkan dengan coping stress ibu rumah tangga menghadapipembelajaran daring.Kata kunci: coping stress, ibu rumah tangga, ibu bekerja, pembelajaran daring

References

Baron & Byrne. (2005). Psikologi sosial edisi kesepuluh jilid 2. (Penerjemah: Ratna Djuwita,

dkk). Jakarta: Erlangga.

Carver & Scheier, M. F. (1989). Asseing coping strategies: a theoretically based approach.

Journal of Persnality and Social Psychology, 56(2), 267-283.

Keliat, B.A. (1999). Pelaksanaan Stres. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

King (2016). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Muslim, Muhammad. (2020). Manajemen Stres Upaya Mengubah Kecemasan menjadi

Sukses, Journal Esensi, Vol. 23 No. 2/2020Coping Stress Ibu Rumah Tangga dengan Ibu Bekerja dalam menghadapi

pembelajaran Daring

JP3SDM,

Vol. 9. No. 2

(2020)

Lazarus & Folkman. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing

Company

Pikiran Rakyat. (2020). Hasil Survei Psikologi Unpad Stress paling sering dialami kaum ibu

selama pandemi. Diakses dari https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-

/hasil-survei-psikologi-unpad-stres-paling-sering-dialami-kaum-ibu-selamapandemi-covid-19

Sarafino (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions, 7th/ed. John Wiley & Sons,

Inc

Taylor, Peplau & Sears. (2009). Psikologi sosial edisi kedua belas. (Penerjemah: Tri Wibowo

B.S). Jakarta: KENCANA.

Kemendikbud. (2020). Panduan penyelenggaraan pemberlajaran pada tahun ajaran dan

tahun akademik baru di masa covid 19. Diakses dari

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan

pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19

RSJD. (2020). Orang Tua Bijak Dampingi Belajar Anak Di Masa Pandemi. Diakses dari

https://rsjd-surakarta.jatengprov.go.id/2020/10/19/orang-tua-bijak-siap-dampingibelajar-anak-di-masa-pandemi-oleh-miratun-hasanah-s-psi-psi/

Downloads

Published

2021-03-03

Issue

Section

Articles