PARENTING SELF-EFFICACY PADA IBU TUNGGAL DARI ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL DI JAKARTA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Merly Erlina

Abstract

Meningkatnya kasus positif covid-19 mengakibatkan munculnya kebijakanpemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kegiatan masyarakatdibatasi termasuk kegiatan belajar mengajar dengan melakukan pembelajaranjarak jauh atau belajar dari rumah. Dalam pembelajaran jarak jauh, orang tuamempunyai peran lebih besar dibandingkan dengan guru karena guru hanyamengajar melalui online meeting dengan waktu belajar lebih singkat. Banyakpermasalahan yang dihadapi orang tua dalam mengajar anak mereka di rumah,seperti tidak menguasai materi pelajaran, cara mengajar, masalah emosi, stress,dan lain-lain. Terlebih lagi bagi orang tua yang memiliki anak dengan retardasimental. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh orang tua yang memilikianak retadasi mental adalah kemampuan diri atau Parenting Self Efficacy dalammengasuh anak retardasi mental. Mengajar dan mengasuh anak retardasi mentalharus memiliki keterampilan khusus tidak seperti halnya menghadapi anaknormal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaranparenting self efficacy khsusunya pada ibu tunggal yang memiliki anak denganretardasi mental pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode penelitian kualitatif fenomenologis. Jumlahpartisipan dalam penelitian ini sebanyak dua orang ibu tunggal dengan anakretardasi mental. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keduapartisipan secara umum sudah berusaha melakukan proses parenting self efficacyyang meliputi emotional availability, nurturance, protection from harm andinjury, discipline and limit setting, playing, teaching, instrumental care andestablishment of structure and routines meskipun belum maksimal dikarenakanbeberapa faktor yang mempengaruhi seperti pengalaman masa kecil orang tua dankarakteristik anak.Kata Kunci: parenting self efficacy, ibu tunggal, anak retardasi mental

Downloads

Issue

Section

Articles