MOTIVASI BELAJAR, PENGGUNAAN INTERNET DAN KREATIVITAS DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA SMA 24 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar danpenggunaan internet dengan kreativitas siswa kelas XI di SMA 24 Jakarta dalammengerjakan tugas sekolah. Pada penelitian ini, variabel terikatnya adalah kreativitasdan variabel bebasnya adalah motivasi belajar dan penggunaan internet. Tekniksampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang berjumlah 161 siswa denganpenelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan tiga model skala Likertterdiri dari skala kreativitas, skala motivasi belajar, dan skala penggunaan internet.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi multivariate. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengankreativitas 2) ada hubungan positif antara penggunaan internet dengan kreativitas,dan 3) ada hubungan positif antara motivasi belajar dan penggunaan internet dengankreativitas.Kata Kunci: Kreativitas, Motivasi Belajar, Penggunaan Internet.References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia APJII. Diakses pada 17 April 2019,
dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-danPerilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif
Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran, 6(6).
Fitri, Yochy Eka. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar
Siswa Kelas VIII pada Bidang Studi IPS di SMP Negeri 20 Pekanbaru.
Skripsi.
Handayani, T. H., & Chayati, I. (2010). Pemanfaatan Sumber Belajar Internet untuk
Meningkatkan Kreativitas Penyajian pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan
Oriental. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(2), 212-234.
Kabakci, I., Odabasi, H. F., & Coklar, A. N. (2008). Parents’ views about Internet
use of their children. International Journal Of Education And Information
Technologies, 4(2), 248-255.
Marhaeni, Raeza., & Asiatun, Kapti. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar
dengan Kreativitas Membatik pada Siswa di SMK N 1 NGAWEN. Jurnal
Pendidikan Teknik Busana, 5(4).
Munandar, Utami. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah:
Penuntun bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT. Grafindo.
Miftahussa'adah. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Matematika dengan
Kreativitas pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Watoniyah Alhamidiyah 03
Jakarta Timur. Skripsi.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Setyabudi, Imam. (2011). Hubungan antara Adversiti dan Inteligensi dengan
Kreativitas. Jurnal Psikologi, 9(1).