MOTIVASI BELAJAR, PENGGUNAAN INTERNET DAN KREATIVITAS DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA SMA 24 JAKARTA

Authors

  • Selviana Selviana
  • Novembi Septiyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar danpenggunaan internet dengan kreativitas siswa kelas XI di SMA 24 Jakarta dalammengerjakan tugas sekolah. Pada penelitian ini, variabel terikatnya adalah kreativitasdan variabel bebasnya adalah motivasi belajar dan penggunaan internet. Tekniksampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang berjumlah 161 siswa denganpenelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan tiga model skala Likertterdiri dari skala kreativitas, skala motivasi belajar, dan skala penggunaan internet.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi multivariate. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengankreativitas 2) ada hubungan positif antara penggunaan internet dengan kreativitas,dan 3) ada hubungan positif antara motivasi belajar dan penggunaan internet dengankreativitas.Kata Kunci: Kreativitas, Motivasi Belajar, Penggunaan Internet.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia APJII. Diakses pada 17 April 2019,

dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-danPerilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif

Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran, 6(6).

Fitri, Yochy Eka. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar

Siswa Kelas VIII pada Bidang Studi IPS di SMP Negeri 20 Pekanbaru.

Skripsi.

Handayani, T. H., & Chayati, I. (2010). Pemanfaatan Sumber Belajar Internet untuk

Meningkatkan Kreativitas Penyajian pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan

Oriental. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(2), 212-234.

Kabakci, I., Odabasi, H. F., & Coklar, A. N. (2008). Parents’ views about Internet

use of their children. International Journal Of Education And Information

Technologies, 4(2), 248-255.

Marhaeni, Raeza., & Asiatun, Kapti. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar

dengan Kreativitas Membatik pada Siswa di SMK N 1 NGAWEN. Jurnal

Pendidikan Teknik Busana, 5(4).

Munandar, Utami. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah:

Penuntun bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT. Grafindo.

Miftahussa'adah. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Matematika dengan

Kreativitas pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Watoniyah Alhamidiyah 03

Jakarta Timur. Skripsi.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Setyabudi, Imam. (2011). Hubungan antara Adversiti dan Inteligensi dengan

Kreativitas. Jurnal Psikologi, 9(1).

Downloads

Issue

Section

Articles