FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF REGULATION REMAJA DALAM BERSOSIALISASI

Ika Wahyu Pratiwi dan Sri Wahyuni

Abstract


Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang
tentunya banyak kebimbangan yang terjadi pada masa tersebut. Pada masa remaja
memiliki banyak teman sebaya merupakan hal yang sangat penting di mana mereka
bisa menemukan identitas diri mereka melalui sosialisasi dengan teman sebayanya,
namun tidak semua remaja mampu bersosialisasi dengan baik, ada remaja yang
cenderung memiliki kecemasan saat bersosialisasi dengan rekan sebaya mereka
salah satu penyebabnya adalah rendahnya self regulation pada diri remaja, oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi self regulation remaja dalam bersosialisasi, Pendekatan yang
digunakan adalah kualitatif-fenomenologi. Subjek di dalam penelitian ini dipilih
dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi self regulation antara lain adanya kesadaran individu,
berpikir positif, mengembangkan tujuan hidup, dan dorongan semangat dari
lingkungan.
Kata kunci: self regulation, remaja, bersosialisasi

Full Text:

PDF

References


Alfiana, D.A. (2013). Regulasi diri mahasiswa ditinjau dari keikutsertaan dalam

organisasi kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 245-259.

Carey, K., Neal, D.J, & Collins, S.E. (2004). A psychometric analysis of the self

regulation questionnaire. Addictive Behaviour, 29(2), 253-260.

Creswell, J.W. (2014). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed

Method Approaches (4th Ed.). Washington DC: SAGE Publication, Inc.

De Ridder, D.T.D, & De Wid, J.B.F. (2008). Self regulation in health behavior:

Concepts, theories, and central issues. England: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Hoyle, R.H. (2010). Handbook of personality and self regulation: Personality and

Self Regulation. United Kingdom: Blackwell Publishing.

Hurlock, B.E. (1990). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang

rentang kehidupan. (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Kecemasan: Bagaimana mengatasi penyebabnya. (2003). Dalam Ramaiah, S. Editor

(1 st Ed.). Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Monk, F.J. (2000). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rachmah, D.N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki

peran banyak. Jurnal Psikologi UGM, 42(1), 61-77.

Zimmerman, B.J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An

overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.