FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF REGULATION REMAJA DALAM BERSOSIALISASI

Authors

  • Ika Wahyu Pratiwi dan Sri Wahyuni

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yangtentunya banyak kebimbangan yang terjadi pada masa tersebut. Pada masa remajamemiliki banyak teman sebaya merupakan hal yang sangat penting di mana merekabisa menemukan identitas diri mereka melalui sosialisasi dengan teman sebayanya,namun tidak semua remaja mampu bersosialisasi dengan baik, ada remaja yangcenderung memiliki kecemasan saat bersosialisasi dengan rekan sebaya merekasalah satu penyebabnya adalah rendahnya self regulation pada diri remaja, olehkarena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi self regulation remaja dalam bersosialisasi, Pendekatan yangdigunakan adalah kualitatif-fenomenologi. Subjek di dalam penelitian ini dipilihdengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan datayang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktoryang dapat mempengaruhi self regulation antara lain adanya kesadaran individu,berpikir positif, mengembangkan tujuan hidup, dan dorongan semangat darilingkungan.Kata kunci: self regulation, remaja, bersosialisasi

References

Alfiana, D.A. (2013). Regulasi diri mahasiswa ditinjau dari keikutsertaan dalam

organisasi kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 245-259.

Carey, K., Neal, D.J, & Collins, S.E. (2004). A psychometric analysis of the self

regulation questionnaire. Addictive Behaviour, 29(2), 253-260.

Creswell, J.W. (2014). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed

Method Approaches (4th Ed.). Washington DC: SAGE Publication, Inc.

De Ridder, D.T.D, & De Wid, J.B.F. (2008). Self regulation in health behavior:

Concepts, theories, and central issues. England: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Hoyle, R.H. (2010). Handbook of personality and self regulation: Personality and

Self Regulation. United Kingdom: Blackwell Publishing.

Hurlock, B.E. (1990). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang

rentang kehidupan. (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Kecemasan: Bagaimana mengatasi penyebabnya. (2003). Dalam Ramaiah, S. Editor

(1 st Ed.). Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Monk, F.J. (2000). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rachmah, D.N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki

peran banyak. Jurnal Psikologi UGM, 42(1), 61-77.

Zimmerman, B.J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An

overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.

Downloads

Published

2019-10-28

Issue

Section

Articles