Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online

Imas Sekar Ayu, Hayati, dan Linda Sri Pangestuti

Abstract


Rasa cemas atau kecemasan dalam psikologi dapat dijelaskan sebagai hasil dari
proses psikologi dan proses fisiologi dalam tubuh manusia. Kecemasan merupakan
reaksi normal terhadap situasi yang sangat menekan kehidupan seseorang, dan itu
berlangsung tidak lama (Ramaiah, 2003). Era modern seperti sekarang ini banyak
menuntut masyarakat untuk melakukan mobilitas yang padat dan mendesak dalam
waktu yang sempit atau mepet. Beberapa tahun lalu merupakan masa yang
fenomenal bagi perkembangan layanan transportasi on demand, atau yang biasa
dikenal dengan transportasi online. Taxi online merupakan salah satu transportasi
online yang sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat sebagai alternatif dalam
berpergian. Akhir-akhir ini banyak permasalahan masyarakat yang menggunakan
aplikasi taxi online yang mengindikasikan ketidak-nyamanan sehingga
menimbulkan kecemasan ketika menggunakan taxi online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan kecemasan
pada pengguna aplikasi taxi online. dengan sampel 94 orang, teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuisioner, sedangkan metode
analisa yang digunakan adalah analisa korelasional dengan menggunakan SPSS
versi 20 for windows. Untuk mengetahui tingkat kecemasan digunakan skor standar
berupa skor T. Dari hasil analisis variabel kecemasan didapat bahwa angka rata-rata
(mean) sebesar 71,2128, nilai minimum sebesar 61,00, nilai maksimum sebesar
92,00 dengan nilai standar deviation sebesar 5,52584.

Kata Kunci: Kecemasan, Transportasi Online, Taxi Online.



Full Text:

PDF

References


Adhi. (2016, Maret 16). Tuai Kontroversi, Begini Awal Mula Kisah Taksi Online di

Indonesia. Di akses pada Februari 10, 2018, melalui Money.id:

https://www.money.id/digital/tuai-kontroversi-begini-awal-mula-kisahtaksi-online-di-indonesia-160316g/grabcar-dan-uber.html

Aryasena, J. (2017, April 29). Tips memilih ojek online dengan baik. Di akses pada

Oktober 27, 2017, melalui Kompasiana.com:

https://www.kompasiana.com/jubillioaryasena/tips-memilih-ojek-onlinedengan-baik_5903bbe4b493733902ddf5de

Auliani, Rizqiah. (2010). Hubungan Antara Tipe Kecemasan dengan Prestasi

Belajar Statistik Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta [Skripsi].

Jakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri.

Azwar, S. (2012). Penyususnan skala psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Damar, Agustinus. M. (2017, Desember 13). Monika Rudijono, Presiden Uber

Indonesia Pertama. Di akses pada Februari 09, 2018, melalui

Liputan6.com: http://tekno.liputan6.com/read/3194606/monika-rudijonopresiden-uber-indonesia-pertama42

JP3SDM,

Vol. 8. No. 1

(2019)

Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online

Dewi & Andri. (2007). Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan

Berbagai Mekanisme Pertahanan terhadap Kecemasan. Jurnal Maj

Kedokteran Indonesia, Vol. 57, No. 7 , Juli.

Glosar.id. (2017). GO-CAR adalah . arti GO-CAR di GO-JEK. Di akses pada

Oktober 27, 2017, melalui Glosar.id: https://glosar.id/index.php/term/GOJEK,10-go-car-adalah.xhtml

Grab.com. (2018). Di akses pada Februari 10, 2018, melalui Grab.com:

https://www.grab.com/id

Hadi, Aditya.P. (2016). Kilas Balik Perkembangan Layanan Transportasi Online di

Tahun 2016. Di akses pada Februari 11, 2018, melalui Techasia.com:

https://id.techinasia.com/kilas-balik-perkembangan-transportasi-onlinesepanjang-tahun-2016

Hadi, Aditya.P. (2016). Fakta-Fakta Menarik dari Perjalanan Uber di Indonesia

Sepanjang Tahun 2016. Di akses pada Februari 13, 2018, melalui

Techasia.com: https://id.techinasia.com/fakta-menarik-uber-di-indonesiasepanjang-tahun-2016

Indopos.co.id. (2016, Desember 20). Polisi buru sopir Go-Car berpistol. Di akses

pada Oktober 27, 2017, melalui Jakartaraya.indopos.co.id:

http://jakartaraya.indopos.co.id/read/2016/12/20/79331/Polisi-Buru-SopirGo-Car-Berpistol

Iskandar. (2017, November 8). Persaingan sengit Go-Jek, Grab dan Uber, siapa

pemenangnya? Di akses pada Desember 31, 2017, melalui Liputan6.com:

https://tekno.liputan6.com/read/3155394/persaingan-sengit-go-jek-grabdan-uber-siapa-pemenangnya.

Kangojek.com. (2017, Februari). Sejarah Go-jek, pendiri Go-jek, call center Gojek, layanan Gojek. Di akses pada Oktober 27, 2017, melalui

Kangojek.com: http://www.kangojek.com/2017/02/sejarah-gojek-pendirigojek-call-center-gojek-layanan-gojek.html.

Krisnadi, Indra. (2016, Maret 29). Ini Dia Sejarah Uber di Indonesia. Di akses pada

Februari 09, 2018, melalui Lensablog.wordpress:

https://lensablog.wordpress.com/2016/03/29/ini-dia-sejarah-uber-diindonesia/

Redaksi. (2016, Juli 08). Pengalaman Buruk Menggunakan UBER Car, Dipaksa

Turun, Ditampar dan Ditodong Pistol oleh Sopir. Di akses pada Februari

, 2018, melalui Mediakonsumen.com:

https://mediakonsumen.com/2016/07/08/reportase/pengalaman-burukmenggunakan-uber-car-dipaksa-turun-ditampar-dan-ditodong-pistol43

JP3SDM,

Vol. 8. No. 1

(2019)

Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online

Purnamasari, Niken. (2017, September 07). Viral Video Driver GrabCar Cekcok

dengan Penumpang Soal Lokasi Antar. Di akses pada Februari 08, 2018,

melalui News.detik.com: https://news.detik.com/berita/3631843/viralvideo-driver-grabcar-cekcok-dengan-penumpang-soal-lokasi-antar

Purnomo, B. C. (2007). Perbedaan kecemasan menghadapi pensiun antara pria

dan wanita di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta.

Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan, Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta:

Pustaka Populer Obor.

Sari, R. Y., & Utami, W. Y. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang

Keluarga Berencana Hormonal dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi

Gangguan Menstruasi di Kelurahan Pablengan Kabupaten Karanganyar.

[Skripsi]. Kartasura: UMS.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suryarandika, R. (2016, Maret 16). Nadiem Makarim, Pendiri dan CEO Go-jek

Indonesia: Membangkitkan gairah usaha tukang ojek. Di akses pada

Oktober 27, 2017, melalui Republika.co.id:

http://www.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/16/03/16/o44e4715-

nadiem-makarim-pendiri-dan-ceo-gojek-indonesia-membangkitkangairah-usaha-tukang-ojek

Trismiati. (2004). Perbedaan tingkat kecemasan antara pria dan wanita akseptor

kontrasepsi mantap di RSUD Dr. Sarjito Yogyakarta. Jurnal PSYCHE,

Vol. 1, No. 1 , 1-15.

Wijaya, Ketut. K. (2016, Januari 2016). GrabTaxi Rebranding Menjadi Grab,

Perbarui Aplikasi dan Luncurkan Dashboard Buat Pengguna. Di akses

pada Februari 13, 2018, melalui Techinasia.com:

https://id.techinasia.com/grabtaxi-berubah-menjadi-grab

Wikipedia. Uber (Perusahaan). Di akses pada Februari 08, 2018, melalui

Wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Uber_(perusahaan)

Writer. (2016, Juli 26). Ini Jenis-Jenis Layanan Uber, Sudah Tahu?. Di akses pada

Februari 10, 2018, melalui Nguber.net

http://www.nguber.net/2016/07/jenis-jenis-layanan-uber-sudah-tahu.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.