Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online
Abstract
Rasa cemas atau kecemasan dalam psikologi dapat dijelaskan sebagai hasil dariproses psikologi dan proses fisiologi dalam tubuh manusia. Kecemasan merupakanreaksi normal terhadap situasi yang sangat menekan kehidupan seseorang, dan ituberlangsung tidak lama (Ramaiah, 2003). Era modern seperti sekarang ini banyakmenuntut masyarakat untuk melakukan mobilitas yang padat dan mendesak dalamwaktu yang sempit atau mepet. Beberapa tahun lalu merupakan masa yangfenomenal bagi perkembangan layanan transportasi on demand, atau yang biasadikenal dengan transportasi online. Taxi online merupakan salah satu transportasionline yang sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat sebagai alternatif dalamberpergian. Akhir-akhir ini banyak permasalahan masyarakat yang menggunakanaplikasi taxi online yang mengindikasikan ketidak-nyamanan sehinggamenimbulkan kecemasan ketika menggunakan taxi online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan kecemasanpada pengguna aplikasi taxi online. dengan sampel 94 orang, teknik pengambilansampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuisioner, sedangkan metodeanalisa yang digunakan adalah analisa korelasional dengan menggunakan SPSSversi 20 for windows. Untuk mengetahui tingkat kecemasan digunakan skor standarberupa skor T. Dari hasil analisis variabel kecemasan didapat bahwa angka rata-rata(mean) sebesar 71,2128, nilai minimum sebesar 61,00, nilai maksimum sebesar92,00 dengan nilai standar deviation sebesar 5,52584. Kata Kunci: Kecemasan, Transportasi Online, Taxi Online.References
Adhi. (2016, Maret 16). Tuai Kontroversi, Begini Awal Mula Kisah Taksi Online di
Indonesia. Di akses pada Februari 10, 2018, melalui Money.id:
https://www.money.id/digital/tuai-kontroversi-begini-awal-mula-kisahtaksi-online-di-indonesia-160316g/grabcar-dan-uber.html
Aryasena, J. (2017, April 29). Tips memilih ojek online dengan baik. Di akses pada
Oktober 27, 2017, melalui Kompasiana.com:
https://www.kompasiana.com/jubillioaryasena/tips-memilih-ojek-onlinedengan-baik_5903bbe4b493733902ddf5de
Auliani, Rizqiah. (2010). Hubungan Antara Tipe Kecemasan dengan Prestasi
Belajar Statistik Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta [Skripsi].
Jakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri.
Azwar, S. (2012). Penyususnan skala psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Damar, Agustinus. M. (2017, Desember 13). Monika Rudijono, Presiden Uber
Indonesia Pertama. Di akses pada Februari 09, 2018, melalui
Liputan6.com: http://tekno.liputan6.com/read/3194606/monika-rudijonopresiden-uber-indonesia-pertama42
JP3SDM,
Vol. 8. No. 1
(2019)
Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online
Dewi & Andri. (2007). Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan
Berbagai Mekanisme Pertahanan terhadap Kecemasan. Jurnal Maj
Kedokteran Indonesia, Vol. 57, No. 7 , Juli.
Glosar.id. (2017). GO-CAR adalah . arti GO-CAR di GO-JEK. Di akses pada
Oktober 27, 2017, melalui Glosar.id: https://glosar.id/index.php/term/GOJEK,10-go-car-adalah.xhtml
Grab.com. (2018). Di akses pada Februari 10, 2018, melalui Grab.com:
https://www.grab.com/id
Hadi, Aditya.P. (2016). Kilas Balik Perkembangan Layanan Transportasi Online di
Tahun 2016. Di akses pada Februari 11, 2018, melalui Techasia.com:
https://id.techinasia.com/kilas-balik-perkembangan-transportasi-onlinesepanjang-tahun-2016
Hadi, Aditya.P. (2016). Fakta-Fakta Menarik dari Perjalanan Uber di Indonesia
Sepanjang Tahun 2016. Di akses pada Februari 13, 2018, melalui
Techasia.com: https://id.techinasia.com/fakta-menarik-uber-di-indonesiasepanjang-tahun-2016
Indopos.co.id. (2016, Desember 20). Polisi buru sopir Go-Car berpistol. Di akses
pada Oktober 27, 2017, melalui Jakartaraya.indopos.co.id:
http://jakartaraya.indopos.co.id/read/2016/12/20/79331/Polisi-Buru-SopirGo-Car-Berpistol
Iskandar. (2017, November 8). Persaingan sengit Go-Jek, Grab dan Uber, siapa
pemenangnya? Di akses pada Desember 31, 2017, melalui Liputan6.com:
https://tekno.liputan6.com/read/3155394/persaingan-sengit-go-jek-grabdan-uber-siapa-pemenangnya.
Kangojek.com. (2017, Februari). Sejarah Go-jek, pendiri Go-jek, call center Gojek, layanan Gojek. Di akses pada Oktober 27, 2017, melalui
Kangojek.com: http://www.kangojek.com/2017/02/sejarah-gojek-pendirigojek-call-center-gojek-layanan-gojek.html.
Krisnadi, Indra. (2016, Maret 29). Ini Dia Sejarah Uber di Indonesia. Di akses pada
Februari 09, 2018, melalui Lensablog.wordpress:
https://lensablog.wordpress.com/2016/03/29/ini-dia-sejarah-uber-diindonesia/
Redaksi. (2016, Juli 08). Pengalaman Buruk Menggunakan UBER Car, Dipaksa
Turun, Ditampar dan Ditodong Pistol oleh Sopir. Di akses pada Februari
, 2018, melalui Mediakonsumen.com:
https://mediakonsumen.com/2016/07/08/reportase/pengalaman-burukmenggunakan-uber-car-dipaksa-turun-ditampar-dan-ditodong-pistol43
JP3SDM,
Vol. 8. No. 1
(2019)
Tingkat Kecemasan pada Pengguna Aplikasi Taxi Online
Purnamasari, Niken. (2017, September 07). Viral Video Driver GrabCar Cekcok
dengan Penumpang Soal Lokasi Antar. Di akses pada Februari 08, 2018,
melalui News.detik.com: https://news.detik.com/berita/3631843/viralvideo-driver-grabcar-cekcok-dengan-penumpang-soal-lokasi-antar
Purnomo, B. C. (2007). Perbedaan kecemasan menghadapi pensiun antara pria
dan wanita di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma.
Ramaiah, S. (2003). Kecemasan, Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta:
Pustaka Populer Obor.
Sari, R. Y., & Utami, W. Y. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang
Keluarga Berencana Hormonal dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi
Gangguan Menstruasi di Kelurahan Pablengan Kabupaten Karanganyar.
[Skripsi]. Kartasura: UMS.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suryarandika, R. (2016, Maret 16). Nadiem Makarim, Pendiri dan CEO Go-jek
Indonesia: Membangkitkan gairah usaha tukang ojek. Di akses pada
Oktober 27, 2017, melalui Republika.co.id:
http://www.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/16/03/16/o44e4715-
nadiem-makarim-pendiri-dan-ceo-gojek-indonesia-membangkitkangairah-usaha-tukang-ojek
Trismiati. (2004). Perbedaan tingkat kecemasan antara pria dan wanita akseptor
kontrasepsi mantap di RSUD Dr. Sarjito Yogyakarta. Jurnal PSYCHE,
Vol. 1, No. 1 , 1-15.
Wijaya, Ketut. K. (2016, Januari 2016). GrabTaxi Rebranding Menjadi Grab,
Perbarui Aplikasi dan Luncurkan Dashboard Buat Pengguna. Di akses
pada Februari 13, 2018, melalui Techinasia.com:
https://id.techinasia.com/grabtaxi-berubah-menjadi-grab
Wikipedia. Uber (Perusahaan). Di akses pada Februari 08, 2018, melalui
Wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Uber_(perusahaan)
Writer. (2016, Juli 26). Ini Jenis-Jenis Layanan Uber, Sudah Tahu?. Di akses pada
Februari 10, 2018, melalui Nguber.net
http://www.nguber.net/2016/07/jenis-jenis-layanan-uber-sudah-tahu.html