Gambaran Anak dengan Retardasi Mental

Evi Syafrida Nasution

Abstract


Abstrak
Retardasi mental merupakan suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak
lengkap yang ditandai dengan adanya hambatan pada tingkat intelegensi, kemampuan bahasa,
motorik dan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan
siswa yang mengalami retardasi mental pada aspek kognitif, bahasa, motorik, dan sosialnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Adapun teknik
dalam pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan tes psikologis. Analisis data yang
dilakukan meliputi koding terbuka (open coding), koding aksial (axial coding), dan koding
selektif (selective coding). Dalam penelitian ini hanya terdapat satu subjek yang sedang
sekolah di SLB kelas 1 SD dan kedua orang tua sebagai narasumber sekunder.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa AU memiliki kelebihan
mau mendengarkan dan mengikuti perintah orang lain, dan cukup mampu memenuhi
kebutuhan sehari-hari. AU mengalami beberapa hambatan di beberapa area kemampuan
adaptif seperti area komunikasi, memelihara kesehatan dan keselamatan diri, keterampilan
berbelanja, keterampilan domestik, perkembangan fisik, dan keterampilan sosial. AU
mengalami masalah di dalam belajar yang disebabkan oleh ketidakmampuannya di dalam
belajar yang sangat kuat dipengaruhi oleh kapasitas kecerdasannya yang berada jauh di
bawah rata-rata tepatnya retardasi mental sedang (moderate mental retardation).


Kata kunci: anak, mental retarded, prestasi akademik


Full Text:

PDF

References


APA. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (4th ed. Text Revision).

Washington, DC: American Psychiatric Association.

Budiarti, M dan Dewi, C. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Mental Retardation di SDN

Kedungputri 2 (Studi Kasus di SDN Kedungputri 2, Paron Kabupaten Ngawi).

MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman. 7(2). 132-143

Caesaria, D., Febriyana, N., Suryawan, A., Setiawati, Y. (2019). Gambaran Umum Pola Asuh

pada Anak Retardasi Mental di RSUD DR. Soetomo. Psychiatry Nursing Journal

(Jurnal Keperawatan Jiwa). 1(2). 57-63

Davison, dkk, 2004. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika Aditama

Kadim, M. 2000. Retardasi Mental. Sari Pediatri. 2(3). 170 - 177

Muhammad.J.K.A. 2007. Special Education for Special Children. Jakarta Selatan: Penerbit

Mizan

Nur’aeni. 1987. Intervensi Dini bagi Anak Bermasalah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Penerbit LPSP3

Salim, A. (2001). Teori dan Paradigma Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Santrock. J. W. 2007. Remaja (terjemahan). The MCGraw-Hill Companies, Inc

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.