KONSEP DIRI, HARGA DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 79 JAKARTA PUSAT

Authors

  • Tri Nathalia Palupi

Abstract

Ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi motivasi berprestasi seseorang, faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut pengalaman pada tahun-tahun pertama kehidupan, latar belakang budaya tempat seseorang dibesarkan, peniruan tingkah laku (modelling), lingkungan tempat proses pembelajaran berlangsung, dan harapan orangtua terhadap anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan konsep diri dan harga diri remaja terhadap motivasi siswa-siswi SMP Negeri 79 Jakarta Pusat untuk mencapai prestasi belajar dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Korelasi yang dilakukan melalui kuesioner dengan teknik purposive sampling. Penelitian melibatkan 100 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan model skala likert yang terdiri dari 28 item untuk skala Konsep Diri, 10 item untuk skala Harga Diri, serta 26 item untuk skala Motivasi Berprestasi. Hasil uji evaluasi instrumen menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas pada skala Konsep Diri 0,752 dari 23 item yang valid. Pada skala Harga Diri 0,705 dari 9 item yang valid. Pada skala Motivasi Berprestasi diperoleh koefesien reliabilitas 0,844 dari 23 item yang valid. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Konsep Diri terhadap Motivasi Berprestasi diterima, sedangkan H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Harga Diri terhadap Motivasi Berprestasi diterima. Dengan kata lain, tidak ada hubungan konsep diri dan harga diri remaja terhadap motivasi siswa-siswi SMP Negeri 79 Jakarta Pusat. McClelland dalam (Sukadji, 2001) mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi motivasi berprestasi seseorang, faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut pengalaman pada tahun-tahun pertama kehidupan, latar belakang budaya tempat seseorang dibesarkan, peniruan tingkah laku (Modelling), lingkungan tempat proses pembelajaran berlangsung, dan harapan orangtua terhadap anaknya. Kata kunci: Konsep Diri, Harga Diri, Motivasi Berprestasi

References

Acocella Calhoun. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan, Terjemah oleh Satmoko, Semarang: IKIP Semarang.

Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan, Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Burns, R.B. (1993). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. (Alih Bahasa: Edy). Jakarta: Arcan

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dayakisni, T. dan Hudaiyah (2003)/ Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Hamalik, Oemar. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Sinar Grafika.

Setyani, U. (2010). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan intensi Menyontek Pada Siswa SMA Negeri 3 Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Fadhilah. (2014). Teknik Restukturasi Kognitif Untuk Meningkatkan Harga Diri. http://repository.upi.edu/6561/6/S_PPB_0900965_Chapter3.pdf. Diakses pada tanggal 9 Maret 2017.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2004). Human Development (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Rabideau, S. T. (2005), Effect of Achievement Motivation on Behavior. http://www.personalityresearch.org/papers/rabideau.html. Diakses pada tanggal 9 Maret 2018

Rahmat, J. (2007), Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rohmah, F. A. (2012). Pengaruh Pelatihan Harga Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Remaja. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 1(1), 53-63.

Rola, F. (2006). Hubungan Konsep diri dengan Motivasi berprestasi pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Universitas Sumatera Utara

Santrock, J, W. (2010). Human Development: Perkembangan Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarwono, W. S. (2015). Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Samiroh dan Muslimin. 2015. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-Siswi Mas Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Psikis-Jurnal Psikologi Islami. Vol 1 No. 2; UIN Sunan Kalijaga

Singh, K. (2011). Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement Student. International Journal of Educational Planning and Administration. ISSN 2249-3093 Volume 1, Number 2 (2011), pp 161-171

Sugiono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta

Sukadji (2001). Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Suryabrata. S. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suliswati. (2008). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC

Sunaryo. (2013). Psikologi Untuk Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

https://www.hidayatullah.com/artikel/mimbar/read/2020/02/11/177852/remaja-dan-masa-depan-bangsa.html

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/31/06470051/antara-karier-pendidikan-dan-dukungan-orangtua?page=all

Downloads

Published

2020-09-18

Issue

Section

Articles