HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KETERIKATAN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Santy Mulyani
  • Evi Syafrida Nasution
  • Ika Wahyu Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan keterikatan kerja guru Taman Kanak-kanak. Keterikatan kerja adalah kondisi psikologis positif pegawai bahwa dirinya mampu berkontribusi secara fisik, kognitif dan emosional yang ditandai dengan curahan energi dan mental dalam bekerja. Efikasi diri guru adalah keyakinan akan kemampuan dirinya untuk mewujudkan hasil yang diinginkan dari keterlibatan siswa, bahkan di kalangan siswa yang mungkin sulit atau tidak termotivasi. Populasi penelitian ini yaitu guru-guru Tk Kiddie Planet Sunter Jakarta. Dikarenakan jumlah populasi yang relative sedikit, sample yang di pergunakan merupakan sampling jenuh dimana jumlah populasi sebanyak 35 orang merupakan jumlah populasi guru Tk Kiddie Planet Sunter. Pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu Engaged Teacher Scale (skala keterikatan guru) (16 aitem, α=0,938) dan Teacher’sense of Efficacy Scale (skala efikasi guru) (24 aitem, α= 0,967). Koefisien korelasi rxy= 0,344 dengan p=0,043 (α< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara efiksi diri guru dengan keterikatan kerja dapat diterima.Kata kunci: efikasi diri guru, keterikatan kerja

References

Bakker, A. B., Schaufeli, W. B., Leiter, M. P., & Taris, T. W. (2008). Work engagement: An emerging concept in occupational health psychology. Work and Stress 13, 187-200.

Bakker, A., & Leiter, M. (2012). Work engagement: a handbook of essential theory and research edited by Arnold B. Bakker and Michael P. Leiter. Personnel Psychology 13 , 180-196.

Bakker, A., & Schaufeli, W. B. (2014). Defining and measuring work engagement: bringing clarity to the concept. Researchgate 2 , 10-24.

Faizah, I. (2014). Hubungan self efficacy perawat dengan keterikatan kerja (employee engagement) diruang rawat inap rumah sakit islam Surabaya. Diunduh HYPERLINK "http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-11814.html" http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-11814.html .

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T. A. (2017). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Hartawati, D., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara self efficacy dengan burnout pada pengajar taman kanak-kanak sekolah “X” Di Jakarta. Jurnal Psikologi,2(2) , 54-60.

Idris, W. (2016). Interaksi antara pendidikan dan peserta didik dalam pndangan islam . Jurnal Studi Islam 11(2), 132-153.

Ilyas, F. A., & Nurtjahjanti, H. (2015). Hubungan antara efikasi kerja dengan employee engagement pada pegawai instansi pemerintahan. Jurnal Empati 4(2), 76-80.

Indrawati, I. (2015). Perbedaan kinerja guru taman kanak-kanak yang bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik professional se-kecamatan turi kabupaten sleman. Jurnal Pendidikan Guru PAUD , 1-12.

Kamila, I. N. (2017). Perbedaan kinerja mengajar guru pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Tunas Siliwangi 3(1) , 38-56.

Konermann, J. (2011). Teachers’ work engagement. Dutch: Wohrmann Print Service.

Lockwood, N. R. (2007). Leveraging employee engagement for competitive advantage: hr's strategic role. Alexandria: SHRM Research Management.

Patilima, H. (2014). Resiliensi anak usia dini. Jakarta: Alfabeta.

Priyatno, D. (2016). SPSS handbook. Yogyakarta: MediaKom.

Putri, V. P., Priyatama, A. N., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Optimisme Dengan Keterikatan Pada Karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Solo (Skripsi dipublikasikan). Universitas Sebelas Maret, Solo.

Purwanto. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rofiqkhurohman, A. (2014). Peran Sumber Daya Kerja Terhadap Keterikatan Kerja Melalui Efikasi Diri Pada Guru Sdit (Islam Terpadu) Di Kabupaten Sleman Yogyakarta (Skripsi dipublikasikan). Uiversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,, Yogyakarta.

Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2014). Teacher self efficacy and perceived autonomy: relations with teacher engagement, job satisfaction, and emotional exhaustion. Psychological reports: employment psychology and marketing 114(1) , 68-77.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Tschannen Moran, M., & Hoy, A. W. (2001). Teacher efficacy; capturing an elusive construct. Teaching and teacher education 17, 783-805.

Xanthopoulou, D., Bakker, A., Demerouti, E., & Schaufeli, B. W. (2008). Reciprocal relationships between job resources, personal resources ans work engagement. Journal of Vocational Behavior 74 , 235-244.

Downloads

Published

2020-09-18

Issue

Section

Articles