Gambaran Efikasi Diri Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII Mts Al Mujahiddin, Cikarang Utara

Authors

  • Ika Wahyu Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efikasi diri mata pelajaranMatematika. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa pada siswa kelas VIIMts Al Mujahiddin, Cikarang Utara.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31 siswa(52.5%) siswa memiliki efikasi diri Matematika rendah dan 28 siswa memiliki efikasidiri matematika tinggi. Selanjutya, berdasarkan hasil tabulasi silang antara efikasidiri Matematika dengan jenis kelamin ditemukan bahwa siswa yang memiliki efikasidiri rendah (32.2%) dan tinggi (27.1%) merupakan siswa perempuan.Kata Kunci: efikasi diri, Matematika, Siswa SMP

References

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Amir. Z. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah:

Jurnal Perempuan, 12(1), 15-31.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (edisi ke-2). Jogjakarta: Pustaka

Pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas (edisi ke-2). Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Feist, J., & Feist, G. (2014). Teori kepribadian (edisi ke-7). Jakarta: Salemba

Humanika.

Pajares, F. (1996). Efikasi diri beliefs in academic settings. Review of Educational

Research, 66 (4), 543-578.

Santrock, J.W. (2011). Psikologi pendidikan (edisi ke-5). Jakarta: Salemba

Humanika.

Santrock, J.W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto, A. (2013). Pengaruh efikasi diri dan motvasi berprestasi siswa terhadap

kemandirian belajarmata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di

SMKN 2 Depok ( Skripsi dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta,

Yogyakarta.

Wijaya, I., & Pratitis, N. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial, orang tua,

dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Jurnal Persona, 1 (1)

Downloads

Issue

Section

Articles