IDENTIFIKASI BAHAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SERTA UPAYA PENGENDALIAN PADA PROSES PENGELASAN DI WORKSHOP

Authors

  • Meilan Agustin

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v8i0.314

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan permasalahan yang berdampak besar bagi kelangsungan sebuah perusahaan. Kerugian yang diderita tidak hanya berupa kerugian materi tetapi juga kerugian akan kehilangan tenaga kerja yang tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun, sehingga sebuah perusahaan perlu memberikan perhatian yang besar dalam manajemen keselamatan kerja. Hal yang sama berlaku pada PT Central Power Indonesia (CPI) yang bergerak dalam bidang elektrikal khususnya generator pembangkit tenaga listrik atau yang lazim disebut generating set. Karyawan PT CPI sangat rawan terhadap kecelakaan kerja dalam menjalankan kegiatannya. Agar kecelakaan kerja dapat dikurangi maka dalam penelitian ini akan mengidentifikasi kecelakaan kerja yang sering timbul serta penanganannya menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Hasilpengolahan data diperoleh 5 (lima) bentuk bahaya potensial yaitu terkena mata, terhirup, terabsorpsi kulit, kebakaran, dan ledakan. Dari kelima bahaya tersebut masing-masing memiliki tingkat risiko seperti low risk, medium risk, dan high risk.Kata kunci: Kecelakaan kerja, JSA, risiko kerja.

References

Bakhtiar A. 2008. Job Safety Analysis (Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko). Jakarta: PT Upaya Riksa Patra.

Blake, Roland P. 1963. Industrial Safety. 3rd Edition. Prentice Hall.

Modul Umum Pembinaan Operasional P2K3. 2000. Pembinaan Operasional P2K3 MODUL Dasar-Dasar Keselamatan Kesehatan Kerja. Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Ramli, S. 2010 Manajemen Risiko (Dalam Persepektif K3 OHS risk Management). Jakarta: PT Dian Rakyat.

Redja, George E. 2003. Principles of Risk Management and Insurance. Eight Edition. Person Education Inc.

Sriwidharto. 1996. Petunjuk Kerja Las. Jakarta: PT.Pradnya Paramita.

Suma’mur. 1981. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Suma’mur. 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Supriyadi, Gemilar SP. 2005. Penilaian Resiko Kecelakaan Pada Kegiatan di Bagian Pengantongan PT. Semen Cibinong Tbk Bogor. Skripsi S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Suratman M. 2001. Teknik Mengelas Asetilen, Brazing dan Las Busur Listrik. Bandung: Pustaka Grafika.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Agustin, M. (2022). IDENTIFIKASI BAHAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SERTA UPAYA PENGENDALIAN PADA PROSES PENGELASAN DI WORKSHOP. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(1). https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v8i0.314

Issue

Section

Articles