ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE PDCA DI PT. CENTRAL POWER INDONESIA

Djauhar Arifin dan M Lutfi Aziz

Abstract


Kecelakaan kerja pada suatu perusahaan pastinya merupakan masalah yang besar bagi kelangsungan perusahaan. Kerugian yang diderita tidak hanya berupa kerugian materi yang cukup besar namun lebih dari itu adalah timbulnya korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dominan masalah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan melakukan usulan perbaikan untuk mencegah dan menurunkan kecelakaan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode metode siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action). Model ini mengajarkan untuk merencanakan (plan) suatu tindakan, melakukan (do) tindakan tersebut, memeriksa (check) pelaksanaannya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan bertindak (action) sesuai dengan apa yang telah direncanakan tersebut. Dari hasil pengolahan data diperoleh potensi penyebab kecelakaan kerja disebabkan oleh kategori APD tidak lengkap menjadi kejadian yang paling sering muncul yaitu dengan jumlah kejadian sebanyak 66 kejadian atau dengan persentase sebesar 53.66%.

Kata Kunci: K3, PDCA, Keselamatan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar A. 2008. Job Safety Analysis (Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko). Jakarta: PT Upaya Riksa Patra.

Blake, Roland P. 1963. Industrial Safety. 3rd Edition. Prentice Hall. ILO. Introduction to Occupational Health and Safety. 1989.

Modul Umum Pembinaan Operasional P2K3. 2000. Pembinaan Operasional P2K3 MODUL Dasar-Dasar Keselamatan Kesehatan Kerja. Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Modul Dasar-Dasar Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja. Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Ramli, S. 2010 Manajemen Risiko (Dalam Persepektif K3 OHS risk Management). Jakarta: PT Dian Rakyat.

Redja, George E. 2003. Principles of Risk Management and Insurance. Eight Edition. Person Education Inc.

Rudi Suardji. 2005. Langkah-Langkah Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT Gunung Agung.

Sriwidharto. 1996. Petunjuk Kerja Las. Jakarta: PT.Pradnya Paramita.

Suma’mur. 1981. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Suma’mur. 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Supriyadi, Gemilar SP. 2005. Penilaian Resiko Kecelakaan Pada Kegiatan di Bagian Pengantongan PT. Semen Cibinong Tbk Bogor. Skripsi S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Suratman M. 2001. Teknik Mengelas Asetilen, Brazing dan Las Busur Listrik. Bandung: Pustaka Grafika.

Anonim, Training Material K3 Bidang Kesehatan Kerja, Depnaker RI Ditjen Binawas, Jakarta, 1997.




DOI: https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v9i0.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat sekretariat : Fakultas Teknik Un-Bor. Jl. Raya Kalimalang No. 1 Jakarta 13430

Telp. 021 8613868; 8613877, e-mail : jurnal.teknik@borobudur.ac.id   

Jurnal KaLIBRASI ini merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan untuk publikasi disiplin ilmu Teknik, yang mencakup Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Industri

Jurnal diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September