ANALISIS PERBANDINGAN METODE FORECAST DENGAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) TERHADAP EFEKTIVITAS, EFISIENSI, LIKUIDITAS DAN PENENTUAN SAFETY STOCK PERUSAHAAN

M. Mawan Arifin

Abstract


Dalam penelitian ini, hal yang diperbandingkan adalah efisiensi, efektivitas, dan likuiditas sebelum dan sesudah menerapkan metode EOQ dalam manajemen persediaan. Periode yang dibandingkan adalah tiga tahun ke belakang, yaitu tahun 2012, 2013, dan 2014. Dengan mengetahui biaya-biaya persediaan, harga persediaan, dan juga pemakaian persediaan, perusahaan mampu menentukan jumlah bahan baku yang harus dipesan secara ekonomis dengan biaya yang minimal. Melalui metode EOQ, perusahaan mampu menentukan jumlah persediaan pengaman yang harus ada di perusahaan untuk setiap produksi atau permintaan. Selain itu, metode EOQ juga dapat membantu perusahaan untuk menetapkan kapan pembelian persediaan kembali harus dilakukan. Efisiensi bisa terjadi hanya pada periode dimana pembelian dengan metode EOQ lebih sedikit dibandingkan dengan pembelian tanpa metode EOQ. Karena secara keseluruhan persediaan yang harus dibeli dengan metode EOQ lebih besar dibandingkan pembelian tanpa metode EOQ, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode EOQ belum bisa mengefisienkan biaya persediaan. Hal ini terjadi karena perhitungann metode EOQ mengasumsikan bahwa seluruh permintaan harus dipenuhi dengan melakukan pembelian. Sedangkan penggunaan safety stock dan reorder point hanya sebagai persediaan pengaman dan waktu yang tepat melakukan pembelian kembali untuk memperhitungkan permintaan yang terjadi pada saat tenggang waktu pengiriman. Metode EOQ belum bisa meningkatkan tingkat efektivitas perusahaan karena nilai persediaan akhir meningkat sebagai akibat meningkatnya pembelian sedangkan permintaan dan harga pokok penjualan adalah tetap. Dengan meningkatnya nilai persediaan rata-rata, maka tingkat perputaran persediaan akan semakin kecil pada setiap periode.

Kata Kunci : efisiensi, efektivitas, dan likuiditas

Full Text:

PDF

References


Agustina, Yenni., Dewi Sukmasari, dan Ermadiani ”Analisa Penerapan Sistem Just in Time untuk Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas pada Perusahaan Industri” Universitas Lampung, 2007.

Ahyari, Agus, “Manajemen Produksi Pengendalian Produksi”. Yogyakarta: BPFE.2003.

Alhamidy, Fuad, “Analisis Model Pengadaan Bahan Makanan Kering berdasarkan Metode EOQ pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Roemani Semarang” Universitas Diponogoro, 2006.

Bowersox , Donald J. “Logistical Management” Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Handoko, Hani, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi (edisi 1). Yogyakarta: BPFE, 2000.

Indrayanti, Rike, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) pada PT Tipota Furnishing Jepara” Universitas Negeri Semarang, 2007.

Keown, Arthur J.Martin, John D.Petty, J. William, dan Scott, David F, ”FinancialManagement: Principles and Applications (10th edition)” Pearson Education, Inc., New Jersey, 2005.

Meilianasari, Mela, ”Analisis Peranan Penerapan Metode Economic Order Quantity dalam Meningkatkan Inventory Turnover pada PT Agronesia Divisi Industri Teknik Karet ”Inkaba” Bandung” Universitas Komputer Indonesia, 2009.

Priyanto, Eko, “Fisibilitas Penggunaan Metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk Mencapai Efisiensi Persediaan BBM pada PT Kereta Apr (Persero) Daop IV Semarang” Universitas Negeri Semarang, 2007.




DOI: https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v10i0.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat sekretariat : Fakultas Teknik Un-Bor. Jl. Raya Kalimalang No. 1 Jakarta 13430

Telp. 021 8613868; 8613877, e-mail : jurnal.teknik@borobudur.ac.id   

Jurnal KaLIBRASI ini merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan untuk publikasi disiplin ilmu Teknik, yang mencakup Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Industri

Jurnal diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September