PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARET BAN TERHADAP KUAT TEKAN MARSHALL PADA CAMPURAN BETON ASPAL

Authors

  • Tiara Kusuma Rini, Wahyudi Pratama, dan Anis Amarwati

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v10i0.332

Abstract

Kinerja campuran agregat aspal untuk konstruksi perkerasan jalan dapat ditingkatkan    dengan cara memodifikasi campuran aspal sehingga didapatkan perubahan sifat campuran aspal, khususnya pada penetrasi dan titik lembeknya. Dengan penambahan bahan  limbah karet ban  diharapkan bisa mengurangi kepekaan aspal terhadap temperatur dan keelastisannya. Penelitian  dilakukan  dengan  jalan  membandingkan  beberapa campuran aspal yang menggunakan beberapa  variasi  kadar karet ban pada aspal ( 0%, 1%, 2%, 3%, 4% dan 5% ).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh limbah karet ban sebagai bahan aditif terhadap sifat reologi aspal. Pengujian sifat reologi yang dilakukan pada studi ini adalah penetrasi, titik lembek, berat jenis, daktilitas, viskositas, dan marshall test.Modifikasi aspal dengan limbah karet ban berpengaruh positif, hal ini dapat dilihat pada nilai stabilitas Marshall. Terlihat bahwa ada kenaikan nilai campuran aspal + limbah karet ban 4% yaitu menjadi 1116.549 kg/mm. Sehingga campuran aspal tersebut dapat di gunakan untuk lapis perkerasan jalan berat.Kata kunci : limbah karet ban, Marshall, aspal beton.

References

AASHTO, ( 1993 ), Guide For Design of Pavement Structure, Washington DC. ASTM, 1980, Annual Book of ASTM Standars, parts 15 Road Paving.

Balai Bahan Dan Perkerasan Jalan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Prasarana Transportasi, ( 2001 ), Laporan Penelitian “ Penggunaan Bahan Buangan ( Waste Materials ) Untuk Konstruksi Prasarana Jalan “, Desember 2001.

Departemen Pekerjaan Umum, ( 1987 ), Petunjuk Perencanaan Tebal perkerasan Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, SKBI-2.326.UDC.625.73(02), Biro Penerbit PU.

Speksifikasi Umum Bina Marga, 2010 Spesifikasi Bidang Jalan

Departemen Pekerjaan Umum, ( 1994 ), Penelitian ”Peningkatan Kualitas Campuran Beraspal Menggunakan Karet Padat Pembuat Ban Untuk Lapis Permeabel “, Maret 1994.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, ( 2001 ), Spesifikasi Baru Beton Aspal Campuran Panas.

Iriansyah, AS, ( 1992 ), Percobaan Lapangan Campuran Aspal Karet ( parutan Ban Bekas ) Di jalan Percobaan Skala Penuh Cileunyi ( Seksi 50 – 55 ).

Sukirman S, 1992, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.

Suprapto, T.M, 2004, Bahan Dan Struktur Jalan Raya, Biro Penerbit Teknik Sipil Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Nurkhayati Darunifah, 2007, Pengaruh Bahan Tambahan Biji Plastik Terhadap Campuran Karakteristik Campuran Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS – WC), Universitas Diponegoro, Semarang.

Permatasari Vebby, 2011, Karakteristik Marshall Campuran Asphalt Concrete (AC) Dengan Bahan Pengisi Abu Vulkanik Gunung Merapi, Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

How to Cite

Anis Amarwati, T. K. R. W. P. dan. (2018). PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARET BAN TERHADAP KUAT TEKAN MARSHALL PADA CAMPURAN BETON ASPAL. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(3). https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v10i0.332

Issue

Section

Articles