ANALISA KEKUATAN RAMP PLATE UNTUK LOADOUT MENGGUNAKAN MODULAR TRAILER AKIBAT BEBAN STATIS BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA

Authors

  • Muhammad Burhanuddin

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v11i0.335

Abstract

Istilah loadout sering digunakan dalam proses fabrikasi dan instalasi anjungan minyak lepas pantai di dunia industri minyak dan gas bumi; dimana struktur penopang (jacket) dan anjungan (topside) yang sebelumnya difabrikasi di lapangan fabrikator (yard) harus dipindah (di-transport) keatas sarana angkutan laut (tongkang, kapal) untuk diinstalasi di tengah laut. Jika pemindahan struktur tersebut sangat berat dan besar maka sarana material handling yang digunakan biasanya menggunakan sarana transportasi khusus yang memiliki roda banyak (multi-axle trailer atau modular trailer) yang dapat berjalan sendiri (self-propeller) atau harus ditarik dan didorong dengan prime mover atau kepala truk. Penelitian tentang kekuatan Ramp Plate yang digunakan untuk menyeberangi jetty ke tongkang dilakukan untuk menganalisa bagaiman tegangan yang terjadi akibat beban statis tersebut ketika satu axle roda modular trailer harus berhenti dan menunggu untuk berjalan maju atau mundur dengan menggunakan program berbasis Metode Elemen Hingga (MEH). Validasi dilakukan dengan membandingkan hasil tegangan model dengan tegangan yang diizinkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), atau merujuk pada kriteria lain seperti American Institute of Steel Construction (AISC). Hasil anilisa memperlihatkan bahwa; tegangan maksimum terjadi pada node 8184 sebesar 18,05MPa, dan deformasi maksimum terjadi pada node 7371 sebesar 0,15mm. Tegangan ini masih dalam kondisi aman karena dibawah tegangan ijin menurut BKI, AISC, dan kekuatan bahan itu sendiri. Analisa ini juga menghasilkan nilai safety factor sebesar 18,85. Kata kunci: Loadout, Ramp Plate, Beban Statis, Tegangan, Metode Elemen Hingga.

References

/ND. (2015). Guidelines For Loadout Rev. 8. GL Nobel Denton Guidelines.

-05, A. (2005). Specification for the Design, Fabrication and Erection of Structural Steel for Buildings. Americal Institute of Steel Construction.

AISC. (1986a). Steel Design Guide Series - Extended End-Plate, Moment Connections. Americal Institute of Steel Construction.

Archer, L. B. (1965). Systematic Methods for Designer. Great Britain: Reprinted from Article Redesign.

Biro Klasifikasi Indonesia, “Rules For The Classification And Construction Of Seagoing Steel Ships”, Volume II Rules For Hull, Jakarta, 2010.

Chakrabarti, S. K. (2005). Handbook of Offshore Engineering. Plainfield, Illinois, USA: Offshore Structure Analysis, Inc.

Drs. H. Moh. Pabundu Tika. (2006; hlm.10). Metodologi Riset Bisnis (cetakan pertama). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Logan, D.L., “A First Course in the Finite Element Method”, 4th Edition, Brooks/Cole Thompson Learning, Boston, 2002.

Popov, E.P., “Mechanics of Materials”, 2nd edition, Prentice-Hall Inc., New Jersey, 1994

Warren C. Young & Richard G. Budynas. Roark’s Formula for Stress and Strain, 7th Edition. McGraw-Hill, New York, 2002

Wikipedia. (2015). Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/A36_steel

Downloads

How to Cite

Burhanuddin, M. (2018). ANALISA KEKUATAN RAMP PLATE UNTUK LOADOUT MENGGUNAKAN MODULAR TRAILER AKIBAT BEBAN STATIS BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(4). https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v11i0.335

Issue

Section

Articles