ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN TAHAPAN DMAIC UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PADA PRODUK VIBRATING ROLLER COMPACTOR DI PT. SAKAI INDONESIA

Ibrahim Ibrahim, Djauhar Arifin, Anita Khairunnisa

Abstract


PT. Sakai Indonesia adalah perusahaan pembuat alat berat untuk konstruksi jalan yang memproduksi Vibrating Roller Compactor. Salah satu cara pengendalian kualitas untuk menurunkan tingkat cacat pada produk adalah dengan metode Six Sigma. Six Sigma memiliki lima tahapan yaitu DMAIC yang merupakan singkatan dari Define, Measure, Analyze, Improve dan Control. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa tingginya tingkat kecacatan produk adalah cacat kulit besi sebanyak 20,70%, cacat pemasangan Bolt kendor 19,75% dan cacat Diameter Stay tidak center sebanyak 19,43%. Dari data cacat yang ada kemudian dilakukan perhitungan DPMO untuk mengetahui tingkat Sigma. Nilai rata-rata DPMO dari bulan April 2018 hingga bulan Maret 2019 adalah 87.350,77 DPMO dengan nilai Sigma 2,86. Dari nilai DPMO dan tingkat Sigma pada PT. Sakai Indonesia menunjukkan bahwa proses pengendalian kualitas di PT. Sakai Indonesia cukup baik, karena masih berada diatas tingkat rata-rata Sigma perusahaan Indonesia, namun masih perlu ditingkatkan hingga mencapai 6 Sigma. Peningkatan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Six Sigma agar dapat mengurangi tingkat cacat produk secara terus menerus dan melakukan pengawasan serta perbaikan pada setiap proses yang dapat menimbulkan kecacatan pada produk.

 

Kata Kunci : Cacat Produk; DMAIC; DPMO; Pengendalian Kualitas; Six Sigma

Full Text:

PDF

References


Arisusila, Teguh Aditya. Analisis Pelaksanaan Pemeliharaan Mesin Pemintalan Benang Dalam Rangka Peningkatan Efisiensi Biaya Pemeliharaan Pada Pengusahaan Sutera Alam Regaloh Kabupaten Pati. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Skripsi, 2010.

Darmadi, Muhsin Zubair. Analisis Pengendalian Mutu Dengan Metode Six Sigma pada PT. Sinar Gowa Industry di Makassar. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanudin, Skripsi, 2018.

Fazlan. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) Pada PT. Citra Galvanizing Indonesia. Jakarta: Fakultas Teknologi Industri Universitas Borobudur, Skripsi, 2013.

Hariri, Rifan, Retno Astuti dan Dhita Morita Ikasari. Penerapan Metode Six Sigma Sebagai Upaya Perbaikan Untuk Mengurangi Pack Defect Susu Greenfields. Malang: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, 2013.

Kusuma, Lianto. Laporan Kerja Praktek Penjaminan Mutu Di Departement Quality Assurance & Inspection PT. TD Automotive Compressor Indonesia. Jakarta: Fakultas Teknologi Industri Universitas Borobudur, 2015.

Kuswoyo, Dika. Usulan perbaikan kualitas dengan menggunakan metode six sigma dengan pendekatan DMAIC pada proses produksi muffler truk TD di PT. Pamindo Tiga T. Jakarta: Fakultas Teknologi Industri Universitas Borobudur, Skripsi, 2013.

“Pengertian DPMO (Defects Per Million Opportunities) Six Sigma dan Cara Menghitungnya” 2018.

https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-dpmo-defects-per-million opportunities-six-sigma-cara-menghitung-dpmo/.

Sirine, Hani.,dan Elisabeth Penti Kurniawati. Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma di PT. Diras Concept Sukoharjo. Salatiga: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKSW, 2017.

Tannady, Hendy. Pengendalian Kualitas. Jakarta: Graha Ilmu, 2015.

Usman, Ramly. Pengendalian Dan Penjaminan Mutu. Jakarta: Universitas Trisakti, 2017.

Wulandari, Ismi dan Merita Bernik. Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six Sigma Pada Heyjacker Company. Bandung:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, 2016.




DOI: https://doi.org/10.37721/kal.v3i1.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat sekretariat : Fakultas Teknik Un-Bor. Jl. Raya Kalimalang No. 1 Jakarta 13430

Telp. 021 8613868; 8613877, e-mail : jurnal.teknik@borobudur.ac.id   

Jurnal KaLIBRASI ini merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan untuk publikasi disiplin ilmu Teknik, yang mencakup Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Industri

Jurnal diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September