TINJAUAN PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA JAKARTA DARI BERBAGAI ASPEK ARSITEKTUR
DOI:
https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v5i1.972Abstract
Pusat perbelanjaan telah berkembang menjadi tempat yang tidak sekedar untukberbelanja kebutuhan sehari-hari, namun menjadi tempat berekreasi bagi seluruhkeluarga. Kota Jakarta menjadi kota yang sangat menarik bagi pengusaha untukmengembangkan pusat perbelanjaan, mengingat kota Jakarta yang luas dan padatpenduduknya. Selain itu masyarakat Jakarta juga dikenal memiliki kecenderungan gayahidup konsumtif dan telah memiliki ketergantungan pada kegiatan rekreasi sebagaiaktivitas rutin penghilang stres. Hal tersebut yang menjadi dasar penulis membuattinjauan terhadap pusat perbelanjaan yang berkembang di kota Jakarta. Aspek Arsitekturyang ditinjau pada pusat perbelanjaan ini adalah sejarah perkembangannya, jenis-jenisyang berkembang, pola system sirkulasinya, serta contoh pusat perbelanjaan yang telahberkembang di kota Jakarta. Dimana tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan pusatperbelanjaan di ibukota menjadi rujukan bagi kota lain di Indonesia dalam memenuhikebutuhan masyarakatnya.Kata Kunci : Pusat Perbelanjaan, Mall, Arsitektur, kota Jakarta.References
Charles, King, Hoyt, AIA, Building for Commercial and Industri, Mc. Graw Hill Book Inc,
New York, 1978
Ching, DK, Francis, Ir. Paulus Hanoto Adjie, Arsitektur : Bentuk, Ruang danSusunannya,
Erlangga, Jakarta, 1984
Darlow, Clive, BSc, ARICS, Enclosed Shopping Centres, Architectural Press,
London,1972
Martland, Barry, Shopping Mall Planning and Design, Longman Group Limited, New York,
Daftar Mall di Jakarta, https://www.daftar.co/mall-di
jakarta/#:~:text=Jakarta%20merupakan%20kota%20Megapolitan%20yang,dunia%2
C%20yakni%20mencapai%20130%20mal.