ANALISA KELAYAKAN JALAN SENTRA PRIMER TERMINAL TERPADU PULO GEBANG JAKARTA TIMUR

Authors

  • Agus Kurniawan
  • Andry Andry
  • Anton Pramonohadi
  • Anis Amarwati

Abstract

Pada era globalisasi di masa sekarang ini penambahan kendaraan bermotor sangatpesat terutama di DKI Jakarta, sehingga sering terjadi kemacetan dimana – mana. Faktorpenyebab utamanya adalah lebar jalan dengan volume kendaraan yang ada tidakseimbang. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan survai lapangan danpengumpulan data primer serta data sekunder sebagai acuan dalam perhitunga. Apakahjalan sentra primer masih layak untuk 5 tahun yang akan datang atau memerlukanperbaikan, oleh sebab itu penulis menceritakan alternative penanggulangan kemacetan diJalan Sentra Primer Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur. 1. Alternatif PerbaikanSimpang: Dari hasil analisa, untuk menentukan alternatif pilihan pada perbaikan simpangmengacu pada hasil tingkat kejenuhan (DS) dan tingkat pelayanan (LoS). Dari hasilkondisi simpang saat saturated dengan nilai dari DS lebih dari 0,75 (Standar MKJI). 2.Penambahan Lajur : Analisa penambahan lajur pada simpang, bisa dilakukan saat nilaidari derajat kejenuhan (DS) > 0,75 memerlukan pelebaran jalan pada tahun 2028.Penambahan lajur diharapakan bisa mengatasi masalah kepadatan yang terjadi denganrencana kapasitas simpang yang akan datang (5 tahun), melihat dari pertumbuhan lalulintas berdasarkan Growth Rate berdasarkan peride jam puncak.Kata kunci : Evaluasi Kinerja Simpang Jalan

References

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1993), Direktorat Jendral Bina Marga.

Standard Perencanaan Geometrik Jalan Perkotaan, Maret 1992. Direktorat Jendral Bina

Marga.

S.Putranto Leksmono. 2013. Rekayasa Lalu Lintas Edisi 2. Jakarta: PT Indeks.

Direktorat Bina Marga, Februari 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”.

Departemen Pekerjaan Umum.

F.D.HOBBS, 1995, “Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas” , Gajah Mada University Press

Yogyakarta

Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur; https://jaktimkota.bps.go.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kota_Administrasi_Jak

arta_Timur

Berikut ini adalah daftar kecamatan dan kelurahan di kota Administrasi Jakarta

Timur beserta kode pos mereka. Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki

kecamatan dan 65 kelurahan dengan kode pos 13110 hingga 13960.[1]

http://www.ilmusipil.com/manajemen-lalu-lintas

Manajemen lalu lintas adalah upaya – upaya pemanfaatan semaksimal mungkin system

jaringan jalan yang ada,..

https://id.wikipedia.org/wiki/Persimpangan

Persimpangan adalah simpul dalam jaringan transportasi di mana dua atau lebih ruas

jalan bertemu, di sini arus lalu lintas mengalami konflik.

https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/viewFile/7086/2910

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (Studi Kasus: Jalan K.H Wahid Hasyim -

Jalan Gajah Mada) Lamhot Hasudungan Sariaman Sitanggang, Joni Harianto

Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara,

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/1432/08%20naskah%20publikasi.pdf

?sequence=15&isAllowed=y

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL EMPAT LENGAN (Studi Kasus

Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan Jalan Wates Km.5, Gamping, Sleman,

Yogyakarta) Arbima Rif Amtoro1 , Ir.Bachnas, M.Sc.2 , Prima Juanita Romadhona.,

S.T., M.Sc.2

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/10668

Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Di Ruas Jalan S.Parman Dan Jalan DI.

Panjaitan, Novriyadi Rorong, Lintong Elisabeth, Joice E. Waani

http://e-journal.uajy.ac.id/294/

Nagur, Florianus G (2013) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT LENGAN TIDAK

BERSINYAL JALAN SETURAN RAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

http://eprints.undip.ac.id/15689/1/Juniardi.pdf

ANALISIS ARUS LALU LINTAS DI SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Simpang

Timoho dan Simpang Tunjung di Kota Yogyakarta)

https://www.academia.edu/6912876/EVALUASI_DAN_PENANGANAN_SIMPANG_EMPA

T_TAK_BERSINYAL_MENGGUNAKAN_MANUAL_KAPASITAS_JALAN_INDONESIA

Downloads

Issue

Section

Articles