Analisis Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan SWOT dan Business Model Canvas Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan PT. Abutama

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v6i1.1072

Keywords:

Air Minum, AMDK, Business Model Canvas, Pengembangan Usaha, SWOT

Abstract

Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia saat ini memiliki peluang bisnis yang baik, dikarenakan tingkat konsumsi masyarakat akan air mineral terus mengalami peningkatan. PT. Abutama merupakan produsen air minum telah mulai diproduksi sejak tahun 2019. Penjualan produk AMDK “Aisy” yang dilakukan selama tahun 2019 belum mencapai target penjualan. Target penjualan yang masih belum tercapai disebabkan karena perusahaan masih melakukan tahap pengenalan produk dan jumlah agen penjual yang masih sedikit. Tujuan penelitian ini untuk membuat perencanaan strategi bagi perusahaan AMDK dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat bersaing di pasar global. Metode yang digunakan adalah analisis Strenght, Weakness, Opportunity, Threatment (SWOT) dan Business Model Canvas. Hasil  penelitian menunjukkan PT. Abutama berada dalam posisi bertahan. Perusahaan memiliki sisi kelemahan dan ancaman yang banyak. Perusahaan harus melakukan strategi perbaikan pada bagian internal dengan meminimalkan permasalahan yang ada dan situasi di eksernal dengan melakukan beberapa perbaikan agar bisa mendapatkan peluang yang lebih baik. Hasil analisis dengan Business Model Canvas yaitu value proposition menciptakan produk yang berkualitas, variasi produk, harga terjangkau dan menjalin komunikasi dengan beberapa perusahaan. Komunikasi dengan pelanggan melalui telepon, website, revenue stream dengan peningkatan penjualan produk dan key resources dengan memperbaiki fasilitas produksi.

References

Alfarisi, A. (2019). Perumusan Strategi Business Model Canvas (BMC) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1–14. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5582

Arifin, D. (2018). Analisis Perbaikan Waktu Setup Dengan Menggunakan Metode SMED Untuk Meningkatkan Produktivitas PT. Trimitra Chitra Hasta. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri., 1(1), 1–14. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v8i0.313

Aryani, T. (2019). Analisis Kualitas Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Di Yogyakarta Ditinjau Dari Parameter Fisika Dan Kimia Air. Media Ilmu Kesehatan, 6(1), 46–56. https://doi.org/10.30989/mik.v6i1.178

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70. https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175

Jamjami, A., Nugraha, & Hirawati. (2018). Perancangan Strategi Pemasaran Produk Air Mineral dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Strategic Marketing Planning di Home Industry Kangen Water Using Quantitative. Prosiding Teknik Industri, 4, 496–505. https://doi.org/10.29313/ti.v0i0.13295

Made, I. G., & Hartawan, D. (2019). Analisis Swot Pasar Tradisional (Studi Komparatif antara Pasar Buleleng dan Pasar Sukasada). Artha Satya Dharma Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 176–184. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.60

Maulana, R. A., Praptono, B., & Aisha, A. N. (2016). Perumusan Strategi Pemasaran Untuk Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT. Syahid Global International Dengan Analisis SWOT. EProceedings of Engineering, 3(2), 2493–2500. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/4796

Mufrodi, Z., Dyah, S., & Rustiawan, A. (2019). Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Pada Mahasiswa. Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 55–63. https://doi.org/10.31943/afiasi.v4i2.55

Putra, A. F. P. (2020). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT dan BMC. Journal of Industrial View, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.26905/jiv.v2i1.4211

Rangkuti, F. (2012). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan Kedua. In Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tahwin, M., & Widodo, A. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 154–166. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.154-166

Wardhanie, A. P., & Kumalawati, D. (2018). Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 124. https://doi.org/10.22146/bip.32247

Wilujeng, F. R., & Rembulan, G. D. (2019). Perancangan Model Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal INTECH, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.30656/intech.v5i2.1675

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Arifin, M. M., & Agustin, M. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan SWOT dan Business Model Canvas Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan PT. Abutama. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v6i1.1072